Senin, 17 Desember 2007

HaRaPaN MasYaRaKat TenTanG SisTem InFoRmaSi

Harapan Masyarakat Tentang
Sistem Informasi


Masyarakat mengharapkan Departemen Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan program internet gratis yang diperuntukkan bagi sekolah menengah umum (SMU), dan penerapannya akan disinergikan dengan program CSR (Corporate Social Responsibility) beberapa operator telekomunikasi atau BUMN.

Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengguna Internet, khususnya yang ada di daerah dan sekaligus meningkatkan e-readiness serta untuk menyiapkan masyarakat agar siap menerima teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di masa mendatang.

Secara garis besar kebijakan yang berkaitan dengan program ini dibagi dalam dua sisi. Sisi pertama, adalah penyediaan yang intinya adalah mencapai ketersediaan internet secara merata dan berkualitas dengan tarif yang terjangkau (murah). Kedua, dari sisi penggunaan, yakni bagaimana mengedukasikan masyarakat atau para pengguna agar memiliki keahlian yang cukup dalam penggunaan internet sekaligus juga berupaya agar internet digunakan secara produktif. Terkait hal tersebut, Departemen Kominfo akan lebih gencar melakukan berbagai program sosialisasi, mulai dari hal-hal yang paling mendasar hingga yang kompleks, seperti set up terminal, set up jaringan dan lain sebagainya. Saat ini pengguna internet di Indonesia disebutnya baru mencapai 8 persen dari jumlah penduduk Indonesia, sementara pelanggan internet hanya satu persen dan pelanggan perumahan baru mencapai empat persen.

Tidak ada komentar: