Minggu, 30 Desember 2007

TeKnoLogi InFoRmAsi MasiH RenDaH

Pengetahuan Teknologi Informasi di Indonesia Masih Relatif Rendah


Pada saat ini terdapat 200 perguruan tinggi yang mempunyai program studi IT untuk tingkat S1, S2 dan doktoral, sedangkan perguruan tinggi yang mempunyai program studi IT untuk tingkat D3 dan D4 berjumlah 300 buah.

"Kebutuhan akan lulusan IT tahun 2006 mencapai 500 ribu orang," katanya pada rapat koordinasi Departemen Komunikasi dan Informatika bersama PT. Dennisenco Napari (Dennis Pro) dalam rangka penyelenggaraan Pameran Perguruan Tinggi dan Teknologi Informatika Expo ’06 di Jakarta, Kamis (13/4).

Pameran ini direncanakan diadakan pada 3-7 Juni 2006 di Istora Gelora Bung Karno dan menurut Aizirman Djusan akan dilakukan tepat waktu, karena kebutuhan akan sumber daya manusia (SDM) akan teknologi informasi (IT) sangat mendesak.

Beta Denis dari Dennis Pro menjelaskan, ada empat maksud diadakannya Pameran Perguruan Tinggi dan Teknologi Informatika Expo ’06. Pertama, untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi tentang perguruan tinggi yang ada di Indonesia baik negeri maupun swasta serta lembaga pendidikan dan perkembangan IT di Indonesia dalam waktu relatif singkat dan terpadu.

Kedua, memberikan peluang kepada perguruan tinggi dan lembaga pendidikan untuk menginformasikan perkembangan dan fasilitas yang ada kepada masyarakat dan ketiga, memberikan peluang kepada pengusaha yang bergerak di bidang produk-produk informatika dan produk penunjang teknologi informatika untuk mempromosikannya kepada masyarakat.

Keempat, memberikan peluang kepada pengusaha yang bergerak di bidang produk – produk penunjang pendidikan untuk mempromosikannya kepada masyarakat.

Dennis juga menjelaskan, dalam kegiatan pameran ini juga akan digelar seminar dan panggung hiburan untuk menarik pengunjung. “Sasaran pengunjung adalah siswa-siwa SMA kelas III yang telah selesai Ebtanas, masayarakat umum, pelaku bisnis atau pengusaha.”

Menkominfo DR. Sofyan A. Djalil dalam sambutan tertulisnya menyambut baik penyelenggaraan Pameran Perguruan Tinggi dan Teknologi Informatika Expo 06, karena dapat memberi nilai tambah bagi pembangunan dan pengembangan pendidikan SDM di Indonesia, serta bermanfaat bagi dunia usaha, industri penyedia barang dan jasa ICT dan pihak terkait lainnya.

Dia berharap, acara ini mampu memberikan dorongan bagi sektor pengembangan SDM Indonesia khususnya perguruan tinggi, serta mampu memunculkan inovasi baru di bidang IT dan komunikasi Indonesia ke depan, sehingga kedua hal itu akan dapat membantu mempercepat pemulihan dan peningkatan perekonomian bangsa.

Tidak ada komentar: